Celoteh Ryu,  Story about My number 3,  Suka Foto & ngomong bhs Palembang

[ Celoteh Ryu ] Antara bergaya, suka foto dan bahasa Palembang

Udah lama banget ga cerita tentang perkembangan Ryu. Beberapa postingan sebelum nya cuma update tentang alergi nya Ryu aja. So, postingan kali ini, gue pengen cerita sedikit perkembangan si anak bontot.

GAYA

Jadi nih, Ryu tiap mau di foto, pasti dia bilang “Mami, tunggu dulu, aku mau pake sepatu” hahahaha. Dia udah pinter pilih baju, dia tau waktu nya pake baju bagus dan pake baju rumah atau baju tidur. Waktu nya tidur, ya dia bakalan minta baju tidur. Pernah yah, gue pakein dia kaos sama celana jogger gitu buat tidur, terus dia nolak dong. Dia langsung buka lemari dan ambil baju tidur nya. Lain cerita lagi, waktu kita mau pergi belanja bulanan, gue cuma pakein dia kaos dan celana pendek, dia nolak lho. Dia pilih pake celana panjang atau dress. Pokoknya, dia udah sangat pinter pilih baju dan tau waktu nya kapan baju itu dipake.

Waktu kemarin 3 bulan dirumah aja, gue sempet iseng foto – fotoin anak – anak. Sebelum nya gue bebasin dulu mereka pilih – pilih baju, lalu gue foto deh.

KACAMATA

Selain baju, Ryu ini kudu banget pake kacamata kalo pergi – pergi. Baru masuk mobil aja, dia udah ambil kacamata nya sendiri. Jangan harap itu kacamata dibuka yah selama perjalanan, ga akan dibukanya sampe sampai tujuan hahahaha

LOBSTER

Alhamdulillah, bulan puasa kemarin tuh gue dikirimin Lobster sama sepupu yang emang buka usaha kuliner ini. Aslik, enak rasanya. Nah, Ryu kan baru pertama kali nih liat udang segini gede nya, jadi berkali – kali dia liatin itu udang dan ekspresi nya ga biasa banget, semacam takjub gitu lah dia. Terus pas gue suapin, dia berkali – kali bilang “mami, ini lobstel yah? mami, iyu makan udang yah? mami, udangnya kasian dong” dst

Si mato bulat

TUKANG MARAH ( Galak )

Ryu tuh gampang banget marah nya. Apalagi, dia kan jutek banget yah anaknya, jadi kalo dia marah/jutek, mata nya kek mau keluar gitulah hahahaha. Dan, umur dia kan sekarang 2 tahun 4 bulan, tapi dia udah lancar banget ngomong nya. Selain huruf R, kata – kata lain nya sudah sangat jelas. Gue juga ga pernah cadel – cadelin kata – kata, jadi bahasa dia udah bagus banget untuk seumuran nya. Nah, karena dia kecil sendiri, jadi apa – apa yang kita omongin atau hal – hal yang kita lakuin, terekam di otak nya. Terbukti, setiap yang dia lakukan kadang niru gue atau kakak – kakak nya atau si mbak dirumah. Belum lagi kalo dia berinteraksi sama orang lain, kaya misalnya Oma atau Om nya, belum lagi sama temen – temen gue dikantor yang mana tiap video call, pasti ikutan ngomong juga.

Contohnya gini nih, kan kalo dikantor tuh, gue dan staff lain udah kebiasaan ngomong bahasa Palembang. Ya maklum lah yah, owner nya asli wong kito, jadi udah menjadi kebiasaan kami ngomong pake bahasa Palembang ini lah. Nah, kebiasaan itu kebawa sampe dirumah. Mau ga mau, suka ga suka, logat gue jadi medok banget lah. Perasaan yah, nenek gue aja yang asli Palembang, kami – kami cucu nya ga terlalu medok banget, lha ini pergaulan kantor malah bikin gue jadi medok hahaha.

Suatu malam, gue lagi ngelonin anak – anak dan sudah siap – siap mau tidur, lalu si Millie tuh ambil minum di meja kamar nya dan pas balik ke tempat tidurnya, pake acara loncat. Sontak dong gue langsung bilang “Kakak, mami udah bilang berkali – kali jangan loncat, kagek keno tuh ubin samo pala kau” dan ga lama si Ryu langsung bilang gini “ih kakak, awas kau yah, keno ubin kagek

Aslikkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk.. kami semua ngakak denger Ryu ngomong gitu. Karena fasih banget kata – kata nya.

Lain cerita, gue video call dia pas dikantor. Karena gue video call dalam rangka kakak nya ga mau belajar, jadi gue agak sedikit tinggi nada bicara nya. Lalu, Edo yang liat muka gue udah berubah kek kerang rebus alias mau marah, langsung bilang gini “Oh awas be klean yo, belis sudah ini aura mami kau, keno ma’gah (marah) kagek sampe rumah, bukan lagi mulut yang keluar, sapu nah sampe badan kalian” hahahahaha

Dan itu si Ryu denger. Pas gue sampe rumah, abis bersih – bersih, dia bilang gini “mami, awas be mami magah – magah samo kakak blablablabla ( yg mana gue ga ngerti dia ngomong apa lagi ) awas yoooo

Hahahahahahaaha seisi rumah ngakakkkk denger celoteh si Ryu.

Beberapa kata – kata yang dia biasa ucapin tuh, antara lain : Awas kau, Awas be kau, klean ngapo, ado apo nih, ngapo mam, kagek lah, payo, laju, dan lemak nian hahahahaha. Kalah lah si mbak dirumah sama dia dalam berbahasa Palembang.

Cerita paling baru banget nih, jadi kan pas gue lagi masak, dia nyamperin gue di dapur, terus dia bilang “mami, masak apo?” terus gue bilang “masak pangsit ikan dong” terus dia bales “wahhh, lemak nian caknyo

hahahahaha dan kami pun sama – sama ketawa. Gue ketawain celotehnya dia, dia ketawain gue karena gue ngakak bener hahahaha.

Begitu deh perkembangan Ryu di usia 2 tahun 4 bulan ini. Semoga sehat selalu yah, Nak. I love you :*

Mother of 3M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *