Asma Kulit

Di beberapa postingan, gue selalu mention kalo Ryu ini kulitnya super duper sensitif. Selain dia ga bisa gerah sedikit langsung merah – merah, Ryu juga ga bisa kotor. Gen sensitif nya kebangetan banget ditubuhnya -_-“

Kalo bayi – bayi lain, bisa pake diapers 6 sampai dengan 8 jam, Ryu ga bisa. Setelah 3 jam pemakaian diapers, harus diganti, sebab kalo ga, bisa langsung ruam sampai ke belakang. Merk diapers nya juga ga bisa ganti – ganti, karena bener – bener cocok – cocokan banget. Mau diapers merk yang mahal kek, kalo dia nya ga cocok, ya langsung ruam. Alhamdulillah so far sih diapers yang dia cocok, harga nya masuk lah dikantong.

Gue pikir sensitif kulitnya cuma itu aja, tapi ternyata ga.

Beberapa hari lalu, gue liat di betis nya ada luka. Gue pikir karena nyamuk lalu digaruk. Gue pakein cream papaw lah. Terus besoknya pas pulang kantor, gue liat muka nya ada bintik – bintik kaya gatel – gatel gitu. Gue tanyain ke Ryu nya, gatel apa ga, dia jawab ga. Lalu karena gue penasaran, gue observasi sendiri. Gue diemin, ga gue pakein apapun sampe besok nya. Gue cuma rajin cuciin tangan dan muka nya aja, karena gue berpikir itu hanya karena debu aja dan biasanya kalo dia bentol – bentol, gue cuciin tangan, kaki dan muka nya sih langsung enakan dan ga lama langsung biasa lagi. Tapi kali ini, treatment gue ini ga ngaruh. Selang 3 hari, bintik – bintik kaya gatel itu ga ilang – ilang. Berarti ini bukan alergi kaya yg sudah – sudah. Gue mulai whatsapp-in dokternya, gue ceritain kalo gue sudah melakukan treatment ini itu tapi hasilnya belum ada. Terus gue disuruh bawa Ryu ke RS buat langsung di periksa. Pas ketemu dokternya, beliau langsung bilang kalo Ryu ini ada Asma Kulit.

Astagfirullah.. Asma Kulit? Seumur – umur, baru kali ini gue denger ada penyakit asma kulit. Terus dikasih penjelasan apa itu asma kulit yang mana sebenarnya asma kulit itu sama dengan Dermatitis Atopik (DA). Ya, kalo ini sih gue familiar dan tau banget emang kulitnya super sensitif. Dan dokter juga bilang kalo asma kulit atau DA ini merupakan penyakit turunan dan 20% ada kemungkinan penyakit ini bisa di idap seumur hidup. Asma kulit atau DA ini tidak menular. Hanya ganggu aja karena kalo udah timbul bentol – bentolnya, bisa jadi luka. Dan yang perlu diingat nih, penderita alergi belum tentu penderita DA karena kedua nya hanya memiliki keluhan yang sama, yaitu gatel.

Ini sewaktu dibawa ke RS. Dia ga gitu rewel sih, cuma memang muka nya terlihat ga sehat. Area muka sih ga terlalu dia garuk yah, tapi area kaki nya itu yang sering dia garuk dan jadi nya luka.

Setelah pengobatan 1 hari

Nah, ini hasil setelah Ryu minum obat 1hari, resep dari dokter nya. Makin membaik dan cepet banget ilang nya. Sekarang masih proses penyembuhan. InshaaAllah ga lama lagi sembuh luka nya.

Well, karena namanya Asma Kulit, kemarin sempet ada yang nanya pas gue posting ini di IG. Apakah ini sesak juga? karena asma identik dengan sesak yah. Gue jawab Tidak sesak. Walaupun sama – sama namanya asma, tapi asma kulit itu ga bikin penderita nya sesak.

Oiya, kemarin itu obatnya ada 3 macem, antibiotik nya buat 5 hari dan 2 obat lagi nya berupa krim racikan.

Jadi, yang anaknya ngalamin kaya yang Ryu alamin, tenang aja yah, ga perlu khawatir karena asma kulit ini ga parah banget. Orangtua nya aja yang perlu agak teliti ngurusin luka nya.

Semoga bermanfaat yah.

Author

bemzky_yeye@yahoo.com
Mother of 3M

Terima kasih atas komen nya ^.^

%d bloggers like this: